Dubes Pakistan Jakarta Dukung Literasi dan Kerjasama Melalui Kunjungan Ke UAI

Sejak tahun 2008, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) kerap menjalin tali persaudaraan yang erat dengan Kedutaan Besar Pakistan Jakarta. Kerjasama antar keduanya menghasilkan berbagai kegiatan seperti kunjungan, kompetisi, seminar, dan lain sebagainya.

Beberapa waktu belakangan ini, keduanya baru menjalankan kerjasama Call For Essay yang bertemakan “My View on the Kashmir Problem and How the World Should Solve It” pada 28 Juni – 10 Agustus 2021. Tidak hanya itu, kerjasama antar keduanya menghasilkan ruang Pakistan Corner di Perpustakaan UAI, lantai dasar, dan ruangan tokoh penting di Pakistan yakni, Sir Allama Muhammad Iqbal yang terletak di lantai 4.

Turut hadir H.E. Muhammad Hassan didampingi oleh Muhammad Faisal Fayyaz selaku Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Pakistan Jakarta, Masooma Bushra Ali selaku Sekretaris Kedutaan Besar Pakistan Jakarta, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Si., selaku Rektor UAI, Para Wakil Rektor, Ir. Hidayat Yorianta Sasaerila, M.Sc., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Mohamad Ghozali Moenawar, Lc., M.M., selaku Kepala Kantor Urusan Internasional, serta Pejabat UAI lainnya.

Kunjungan diawali dengan penyambutan tamu di Ruang Rektor UAI dan dilanjut dengan diskusi mengenai pembahasan prospek kerjasama antar kedua pihak. H.E. Muhammad Hassan menyatakan bahwa pihaknya bersedia untuk memberikan beasiswa, kerjasama penelitian, hingga program pertukaran pelajar dengan beragam universitas di Pakistan, seperti International Islamic University Islamabad (IIUI), University of Karachi, University of the Punjab. Berpotensi untuk menjembatani kerjasama, H.E. Muhammad Hassan juga mengharapkan UAI dapat berkolaborasi dengan COMSTECH, lembaga kerjasama ilmiah dan teknologi milik Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Setelahnya, Dubes Pakistan Jakarta mengunjungi ruang Sir Allama Muhammad Iqbal dan Pakistan Corner sekaligus memberikan hibah berupa buku yang diberikan kepada UAI sebagai simbolis. Pemberian cinderamata kepada Dubes Pakistan Jakarta juga diberikan sebagai kenang-kenangan dari UAI. Sebagai penutup, H.E. Muhammad Hassan memberikan testimoni atas kunjungannya ke UAI. Diharapkan ikatan persaudaraan ini dapat memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan dan penelitian yang ada di Indonesia maupun Pakistan.



The post Dubes Pakistan Jakarta Dukung Literasi dan Kerjasama Melalui Kunjungan Ke UAI appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: BeritaUAI