Tingkatkan SDM Berkualitas, UAI dan 2 Institusi Lainnya Jalin Kerja Sama Dengan UT

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Terbuka (UT) di UTTC (Universitas Terbuka Convention Center) pada Selasa (28/06).

Bertepatan dengan pelaksanaan acara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2021/2022 dengan tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTNB”, acara ini diselenggarakan secara hybrid.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Rektor, Para Wakil Rektor, Ketua Senat, Anggota Senat, Direktur UT-Bengkulu, Direktur UT-Denpasar, Jajaran Pimpinan Kantor UT Pusat, Gubernur Bengkulu, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Rektor UAI, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, dan sejumlah mahasiswa dari UPBJJ-UT Jakarta dan Bogor.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, membuka rangkaian acara dengan pemberian ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati disertai dengan pembacaan orasi ilmiah. Pemerintah Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Bengkulu untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang didorong pula salah satunya dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Hadir dengan memberikan sambutan, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., juga menyampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati di kala situasi pandemi Covid-19. Prof Ojat mengharapkan adanya sinergi universitas baik dari dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dan pendatang baru di dunia pendidikan.

Begitupun dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Prof. Anwar Sanusi, Ph.D., menyampaikan bahwa sistem pembelajaran telah berubah menjadi lebih modern dan dinamis tanpa menurunkan standar kualitas output yang ditetapkan. Minat dan antusiasme masyarakat yang sejalan dengan metode pembelajaran UT menghasilkan inisiasi untuk pembaruan kerja sama dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., selaku Rektor UAI menyebutkan bahwa perguruan tinggi perlu mengeksplorasi kembali terkait perubahan sistem pendidikan yang mengusung Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Maka dari itu, UT sebagai perguruan tinggi yang sebelumnya sudah menggunakan sistem pembelajaran tersebut, UAI bermaksud untuk menimba ilmu lebih dalam tekait PTJJ.

Penandatanganan dilakukan untuk memenuhi Peningkatan Mutu Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.





The post Tingkatkan SDM Berkualitas, UAI dan 2 Institusi Lainnya Jalin Kerja Sama Dengan UT appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: BeritaUAI