Perjuangan Elsa Tembus Beasiswa OSC Medcom.id, Sampai Pinjam Laptop Kakak Kelas

Jakarta: Elsa Annisa mencari seribu cara agar mampu menembus beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id. Sebab, dia tak memiliki alat pendukung utama untuk mendaftar beasiswa.

“Waktu itu aku sampai pinjam laptop kakak kelas untuk daftar tes online OSC. Dan ternyata soalnya ya lumayan susah juga,” kata Elsa dalam acara Indonesia International Education Training Expo & Conference/Indonesia Millennial Festival 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Februari 2022.

Elsa mengaku ekonomi keluarganya pas-pasan. Dia tak ingin lagi membebani orang tuanya membiayai kuliah.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

HappyInspireConfuseSad
Bahkan, dia sengaja menunda satu tahun untuk tidak kuliah pada 2014 karena tak ada biaya. Elsa beruntung, pada 2015 OSC hadir perdana.

“Karena itu aku berusaha di OSC ini. Karena OSC kan ngasih beasiswa full,” tutur dia.

Elsa berjuang keras dan mampu menembus gelaran OSC perdana tersebut. Dia mendaftar sastra mandarin di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta.

Setelah melalui tes online, seleksi berkas, dan final test, akhirnya Elsa meraih beasiswa OSC Medcom.id pada 2015. Elsa menyebut beasiswa OSC sangat membantu mengurangi beban orang tuanya.

Terlebih, sang ayah tidak lagi dalam usia produktif dan meninggal dunia pada semester dua masa studinya di UAI.

Elsa mengaku sengaja mengambil sastra mandarin. Jurusan itu dinilai akan mengantarnya ke kehidupan lebih baik di masa depan.

“Karena seperti yang kita tahu bahwa Tiongkok memiliki kemajuan yang pesat. Khususnya di sektor ekonomi bahkan saat ini hampir mendominasi pasar dunia. Alasan inilah yang mendasari aku sebagai pemula untuk memberanikan diri mempelajari sastra Tiongkok,” cerita Elsa.

Dia berharap ilmu yang dia miliki mampu mengantarkannya studi ke Tiongkok. “Saya bercita-cita untuk dapat melanjutkan studi ke Tiongkok karena masih banyak hal yang saya ingin pelajari untuk bekal saya menjadi seorang ahli bahasa dan dosen kelak,” ujar dia.

Elsa mengatakan beasiswa OSC Medcom.id banyak mengubah hidupnya. Beasiswa OSC Medcom.id sangat berarti buat Elsa.

“Sangat berarti, ada kebanggaan yang sangat saya syukuri karena saya dapat kuliah di perguruan tinggi yang bagus dan full scholarship dan ayah saya juga tidak perlu memikirkan biaya kuliah saya lagi,” tutur dia.

Sumber

medcom

The post Perjuangan Elsa Tembus Beasiswa OSC Medcom.id, Sampai Pinjam Laptop Kakak Kelas appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: BeritaUAI